Ide Bisnis yang Menjanjikan Agar Tetap Produktif di Masa Pensiun

Usaha Peternakan

Pilihan usaha yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang saat pensiun memutuskan untuk kembali ke kampung halaman. Kondisi pedesaan sangat mendukung untuk dijadikan tempat membuka usaha peternakan. Usaha ini masih sangat menjanjikan karena permintaan akan daging ayam, ikan, bebek, juga telur masih tinggi, sementara suplainya masih terbatas.
Besar-kecilnya skala peternakan tentu harus disesuaikan dengan kondisi, termasuk modal. Karena dalam menjalankan usaha peternakan cukup banyak yang harus diurus, lebih baik Anda juga mempekerjakan minimal satu orang karyawan untuk membantu. Misalnya, untuk memberi makan dan membersihkan kandang, agar ternak benar-benar terawat dengan baik.
Untuk kesuksesan usaha peternakan Anda, lakukan persiapan yang matang. Anda perlu memelajari lebih banyak tentang seluk-beluk usaha peternakan, menyiapkan lahan yang memadai, membuat kandang yang memenuhi syarat dan perlengkapannya, serta mempersiapkan pakan, vitamin, dan obat-obatan untuk ternak.
 Agrobisnis
Seperti halnya beternak, bertani juga merupakan pilihan usaha yang cocok untuk menghabiskan masa pensiun. Bertani dalam hal ini bukan berarti Anda harus terjun membajak sawah atau disibukkan dengan panen. Anda bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk bercocok tanam dengan tanaman-tanaman produktif yang relatif cepat masa panennya.
Beberapa jenis tanaman yang bisa dipilih adalah tanaman palawija, seperti cabai dan aneka sayuran, tanaman buah, atau tanaman hias. Jika Anda cukup serius tetapi tidak memiliki lahan yang memadai, Anda bisa menyewanya. Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda bisa menekuni hobi yang sempat terlupakan karena sibuk bekerja, sekaligus menuai keuntungan.
Meski cukup menjanjikan, keuntungan dari agrobisnis di lahan terbatas mungkin tidak besar, karena keuntungan.

Bisnis Frozen Food

Saat ini jenis frozen food juga semakin banyak, tidak hanya berupa lauk sebagai pendamping makan nasi. Bahkan, makanan tradisional pun banyak dijual dalam bentuk makanan beku, seperti siomay, empek-empek, donat, risol, pisang molen, dan masih banyak lagi. Karena itu, untuk memulai usaha ini, Anda harus memastikan terlebih dahulu jenis produk yang akan dijual.
Untuk memilih jenis produk yang akan dijual, pertimbangkan modal yang dimiliki. Jika modal cukup besar, pilihlah jenis produk yang beragam supaya konsumen memiliki lebih banyak alternatif. Namun jika modal terbatas, pilihlah produk yang paling diminati oleh target pasar yang dituju.
  • Dropship: Anda cukup menawarkan produk kepada konsumen dan menerima pesanan, sedangkan penyediaan stok dan pengiriman ditangani langsung oleh produsen.
  • Reseller: Anda harus memiliki stok sendiri di rumah atau toko untuk menjamin ketersediaan dan meningkatkan kepercayaan konsumen.
  • Produsen: Anda memproduksi frozen food sendiri, sekaligus menjualnya. Selain keuntungan finansial yang lebih besar, Anda juga bisa menjamin kualitas dan keamanan produk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips dan Trik Memulai Bisnis Es Krim Jakarta

Faktor Penentu Kesuksesan Dalam Bisnis Mie Pedas

Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Mudah